Cek Iuran BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Spread the love

Sejak tanggal 1 Januari 2014, asuransi kesehatan yang diberikan pemerintah yang bernama Askes diganti nama menjadi BPJS Kesehatan yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Badan hukum yang dibentuk dalam menyelenggarakan program untuk jaminan kesehatan ini dan semua yang menjadi penduduk Indonesia maka wajib menjadi anggota dari BPJS Kesehatan.

Program pemerintah mengenai BPJS ini terdiri dari dua yakni BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Dimana sejak 1 Januari 2014 ini ketika sistem jaminan sosial yang terbaru atau Jaminan Kesehatan Nasional secara resmi dilakukan oleh pemerintah. Yang namanya diubah menjadi BPJS kesehatan. Sedangkan BPJS ketenagakerjaan adalah perubahan dari Jamsostek atau jaminan sosial tenaga kerja.

Iuran Tetap BPJS Sesuai Fasilitas Kelas

Untuk menjadi anggota kepesertaan BPJS kesehatan ini, Maka setiap anggotanya harus membayar biaya iuran. Iuran yang dibayarkannya pun sesuai dengan kelas yang Anda daftarkan. Kelasnya tersebut disesuaikan dengan fasilitas yang akan didapatkan dari masing-masing anggotanya. Tagihan BPJS kesehatan setiap bulan dapat Anda cek melalui cara yang mudah seperti melalui SMS, aplikasi, ATM, dan website. Cara untuk mengecek iuran dari BPJS kesehatan ini dapat Anda lakukan dengan beberapa cara tersebut.

Informasi Tagihan Bulanan Yang Mudah

Sesuai dengan tujuan pemerintah yang telah menghadirkan layanan kesehatan untuk masyarakat yang terjangkau dan juga cepat untuk masyarakat, akses informasi mengenai tagihan bulanan pun akan dipermudah. Untuk peserta BPJS kesehatan akan diwajibkan untuk membayar tagihan iuran yang tentunya disesuaikan dengan layanan dan kelas yang diikutinya. Kelas yang diikuti nya pun tergantung dari kemampuan masing-masing peserta dan kebutuhan kelas dari fasilitas yang dimintanya.

Cara Cek Jumlah Tagihan BPJS

Untuk dapat mengetahui jumlah dari tagihan dan iuran yang harus dibayarkan di setiap bulannya dapat melalui beberapa cara yaitu sebagai berikut.

  1. Melalui SMS

Cara mengecek iuran BPJS ini dengan memanfaatkan SMS gateway. Layanan informasi dua arah ini disampaikan melalui pesan yang singkat. Anda dapat mengecek iuran BPJS kesehatan ini melalui SMS dan dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu. Yaitu Tagihan nomor kartu BPJS kesehatan, dan kirimkan keĀ  087775500400. Untuk mengetahui format dari penulisannya pada layanan SMS gateway ini maka cukup dengan cara ketik Help dan kirimkan ke 087775500400.

  1. Melalui Website

Untuk mengecek tagihan BPJS kesehatan. Ini dapat Anda lakukan dengan melalui website resmi atau situs resmi dari BPJS kesehatan dengan alamat bpjs-kesehatan.go.id. Anda harus melakukan langkah-langkah yaitu sebagai berikut. Yang pertama kunjungi laman dari BPJS kesehatan tersebut lalu klik pada menu cek Iuran kemudian masukan data pada kotak yang tersedia mulai dari nomor kartu, angka validasi, dan tanggal lahir. Setelah itu klik cek rincian pembayaran yang akan muncul di layar.

  1. Melalui ATM

Cara yang satu ini memang kurang praktis, karena peserta ini harus mendatangi ATM dari bank yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan tersebut, misalnya BRI, mandiri dan BNI. Walaupun demikian, cara seperti ini pun sangat cocok untuk peserta yang aktivitasnya banyak di luar ruangan seperti pekerja lapangan, marketing atau pengusaha. Caranya pun sangat mudah hanya mengikuti perintah pada layar ATM tersebut.

  1. Melalui Aplikasi BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan sudah memiliki aplikasi resmi sendiri di perangkat Android yang bisa Anda download yang bernama mobile JKN. Aplikasi tersebut dapat Anda download di Google play store secara gratis. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengecek iuran bulanan kepesertaan BPJS dengan cara seperti berikut ini. Pertama download dan instal dari Google play aplikasi mobile JKN ini. Kemudian buka aplikasi tersebut dan login di halaman selanjutnya. Lalu tap tagihan untuk dapat melihat rincian dari informasi dari tagihan tap premi. Dalam aplikasi ini selain untuk mengecek iuran BPJS kesehatan, aplikasi ini memiliki beragam fitur yang terkait seperti misalnya lokasi fasilitas kesehatan yang terdekat. Kemudian cek nomor virtual account. Kemudian pendaftaran pbpu dan yang lainnya.

Cara Proses Klaim BPJS

BPJS kesehatan memang menggunakan sebuah sistem rujukan yang berjenjang. Dimana pesertanya wajib meminta rujukan terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan pada tingkat pertama atau faskes I. Misalnya seperti puskesmas atau klinik kesehatan dan dokter keluarga. Sebelum datang untuk berobat ke rumah sakit, apabila dalam kondisi darurat maka peserta dapat langsung mendapatkan rujukan ke rumah sakit tujuan.

Jaminan kesehatan BPJS kesehatan ini juga memiliki perlindungan dengan standar kesehatan dengan tarif yang cukup terjangkau. Akan tetapi BPJS kesehatan ini tidak memiliki sebuah perluasan jaminan yang biasanya dimiliki oleh asuransi swasta. Misalnya saja naik kelas perawatan. Karena maksimal kelas perawatannya yang diberikan BPJS kesehatan ini adalah ada pada kelas 1.

Sehingga apabila peserta jaminan kesehatan akan menghendaki kelas perawatan dengan lebih tinggi, misalnya dengan kamar yang VIP ataupun VVIP, maka akan dibebankan selisih biaya yang muncul atau asuransi swasta. Oleh karena itu maka bagi Anda yang sudah menjadi peserta BPJS kesehatan ini maka diperbolehkan untuk dapat mengikuti program dari asuransi tambahannya atau asuransi swasta yang lainnya. Maka Anda dapat memperoleh jaminan kesehatan tambahan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Perbedaan Dengan Asuransi Swasta

Terdapat 2 perbedaan yang mendasar diantara BPJS kesehatan denganĀ  asuransi swasta. Yakni dalam pelayanan dan penjaminannya. BPJS kesehatan ini menerapkan sistem pelayanan yang administratif dan juga berjenjang. Hal ini berarti pasien harus dilayani terlebih dahulu dan mendapatkan rujukan dari faskes 1 seperti puskesmas. Sebelum peserta mendapatkan pelayanan dari rumah sakit dimana peserta berdomisili yang sesuai dengan kota domisili dari penerbitan kartu BPJS ini.

Akan tetapi hal ini tentunya tidak berlaku jika dalam kondisi yang darurat. Sedangkan pelayanan asuransi kesehatan swasta si pasien dapat langsung masuk kemudian mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi tersebut di seluruh Indonesia tanpa dia haru dipusingkan lagi dengan proses administrasi yang berjenjang.

Recommended For You

About the Author: aisyah456