Cara Hemat Biaya Tagihan Listrik Supaya Lebih Murah

Spread the love

Biaya tagihan listrik bulanan memang menjadi salah satu pengeluaran yang terbesar dari rumah tangga yang tentunya menjadi beban dalam setiap bulan. Jika Anda dapat menghemat dan juga menekan sedikit biaya listrik di setiap bulannya maka akan ada lebih banyak sisa yang dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan yang lainnya. Untuk menekan biaya tersebut tidaklah sulit jika Anda sudah mengetahui cara untuk menekan pengeluaran biaya listrik.

Kebijakan Pencabutan Subsidi Listrik

Untuk pembahasan kali ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya listrik. Hal ini karena adanya pencabutan subsidi listrik yang sebumnya hanya berlaku pada golongan tarif 1.300 volt ampere sekarang sudah mulai meluas sampai golongan tarif 900 volt ampere. Kenaikan ini dilakukan secara bertahap sampai tiga kali, dimulai dari Januari, Maret kemudian Mei 2017. Kebijakan seperti ini tentu saja akan mempengaruhi kondisi dari pengeluaran bulanan. Maka usahakan untuk tidak bayar mahal.

Tips Hemat Listrik

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menghemat listrik.

  1. Hemat Dalam Pemakaian Lampu

Anda dapat menggunakan lampu yang benar-benar dibutuhkan saja. Apabila di siang hari, maka manfaatkan sinar matahari untuk sumber penerangan utama di rumah Anda. Kemudian Anda juga dapat menggunakan lampu yang hemat energi misalnya seperti lampu LED yang tentunya relatif lebih sedikit dalam penggunaan listriknya. Anda dapat menyiasati nya dengan menekan tagihan listrik di setiap bulannya serta dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan listrik.

  1. Penggunaan AC yang Bijak

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan AC ataupun mesin pendingin udara pasti menggunakan listrik yang lebih banyak jika dibandingkan dengan alat-alat elektronik lainnya. Apabila Anda memang sudah terbiasa menggunakan AC maka pilihlah yang paling hemat energi dan yang memiliki kemampuan untuk dapat menaikkan dan menurunkan suhu otomatis, pada saat ruangan sedang tidak ada orang atau sedikit orang. Maka AC dapat menyesuaikan suhu dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada.

  1. Cabut Kabel Ketika Tidak Digunakan.

Hindarilah kebiasaan dengan meninggalkan alat elektronik dengan kabel yang tertancap di saklar walaupun dalam keadaan mati. Hal ini karena listrik akan tetap berjalan atau mengalir ke dalam kabel tersebut. Kebiasaan seperti ini maka akan membuat Anda wajib membayar tagihan listrik bulanan yang terbuang percuma. Maka sebaiknya cabut kabel dan peralatan elektronik dari saklar tersebut untuk memutuskan daya listrik yang mengalir.

  1. Matikan Alat- alat Elektronik

Mungkin Anda masih sering membiarkan TV masih menyala ketika tidur. Maka hindarilah kebiasaan tidur dengan peralatan elektronik yang masih dalam keadaan yang menyala misalnya seperti lampu, TV dan gadget yang masih dalam keadaan mengisi baterai. Selain dapat menghemat biaya, tidur dengan lampu dimatikan juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Sedangkan untuk gadget Anda akan meminimalisir resiko kerusakan yang akan terjadi misalnya baterai menggelembung.

  1. Penggunaan Kulkas.

Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang penggunaan listriknya cukup banyak. Dan kulkas ini pun selalu nyala dalam 24 jam. Lalu perhatikan penggunaan kulkas Anda dan pastikan pintu kulkas Anda selalu tertutup rapat. Dan akan dibuka ketika seperlunya saja. Dan hindari menjejali kulkas Anda dengan terlalu banyak isi dan memasukkan makanan dan minuman yang panas. Kondensor nya pun harus rajin dibersihkan secara rutin. Sirkulasi udara yang berada di belakang kulkas pun harus lancar, maka kulkas harus diletakan jauh dari sumber yang panas.

  1. Atur Penggunaan Komputer

Komputer dengan bentuk desktop akan mengonsumsi listrik 5 kali yang lebih besar dibandingkan laptop. Anda juga dapat mengatur penggunaan komputer supaya bisa menghemat listrik. Misalnya dengan memilih resolusi dan juga tingkat kecerahan rendah lalu aktifkan wallpaper dan juga screen saver nya.

  1. Lakukan Bersama Keluarga

Untuk hasil yang maksimal dalam penghematan listrik, maka sebaiknya Anda mengajak seluruh anggota keluarga Anda untuk melakukannya bersama. Anda dapat menjelaskannya mengapa harus mencabut steker jika tidak digunakan, atau hal-hal lainnya yang dapat memboroskan listrik. Pada intinya salah menghemat listrik demi kesehatan finansial. Atau Anda bisa dengan membeli token listrik maka akan lebih murah.

Untuk listrik prabayar adalah Anda harus membeli token terlebih dahulu dan listrik baru bisa digunakan. Berbeda dengan listrik pascabayar dimana listriknya dapat Anda pakai terlebih dahulu lalu baru membayar tagihannya. Untuk listrik pascabayar ini sendiri adalah sistem yang digunakan oleh semua orang sebelum adanya listrik prabayar. Biasanya akan ada petugas PLN yang setiap bulan mengecek meteran listrik ke rumah Anda. Selain itu semua orang harus membayar nya setiap bulan.

Dengan adanya listrik prabayar ini maka Anda tidak perlu mengantre untuk membayar listrik setiap bulannya dan dalam tiap bulannya tidak ada orang yang akan mendatangi Anda untuk mengecek meteran listrik. Anda cukup membeli voucer listrik saja, kemudian listrik dapat Anda gunakan. Akan tetapi ada yang mengatakan bahwa dengan menggunakan voucer maka listrik Anda akan lebih boros. Padahal satuan listrik prabayar dan pascabayar ini sama. Jadi untuk nilai konsumsinya pun sama.

Yang membedakan adalah listrik prabayar tidak memiliki rekening minimum, sehingga ketika pemakaian listrik Anda rendah maka tidak terkena tarif yang minimum. Jadi, apabila listrik dengan daya 2.200 volt ampere ini dengan rekening minimumnya sebanyak 50rb. Bagi pelanggan pascabayar yang menggunakan tarif di bawah 50rb maka akan tetap dikenakan tagihan minimum 50rb. Berbeda dengan prabayar apabila pemakaian listriknya kecil maka tagihan listriknya pun akan sesuai dengan pemakaian Anda.

Sehingga apabila rumah kosong dan menggunakan listrik prabayar dan tidak ada pemakaian sama sekali maka tidak akan ada tagihan listrik. Dan tidak perlu membayar, gratis. Akan tetapi untuk kelebihan dari listrik pascabayar ini Anda tidak perlu repot-repot mencari token listrik. Jadi tidak akan terjadi listrik mati mendadak karena token listrik Anda habis.

Jadi dengan menggunakan listrik prabayar ini , Anda dapat mengontrol penggunaan listrik Anda sendiri, sehingga akan lebih hemat. Dan tidak akan mungkin listrik itu dibobol karena pencurian yang bisa saja terjadi ketika seseorang datang menyamar sebagai petugas dari PLN untuk mengecek rekening listrik tersebut.

Recommended For You

About the Author: aisyah456